Follow by Email

Sunday, December 25, 2011

Spiritual Kitchen

“(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka” Ali Imran 191

Lewat ayat ini Allah “menantang” manusia untuk menggunakan akalnya, untuk selalu berpikir tentang segala ciptaan-NYA yang tak pernah sia-sia. Yang sekaligus menunjukkan bahwa ujung segala kerja akal adalah mengingat Allah SWT.

Tidak ada satu pun di dunia ini yang diciptakan ALLAH dengan sia-sia. Bahkan hal seremeh apapun, pasti memiliki manfaat, seperti halnya dapur. Pekerjaan dapur sering kali dipandang sepele, yang kemudian menyerahkan kepada pembantu RT atau mengerjakan sendiri tetapi dengan asal-asalan dipenuhi gerutuan.

Dapur sebenarnya salah satu wadah untuk berkreasi dan berdzikir, lewat tafakur, mencerna ayat-ayat kauniyyah yang tercecer dan tidak tertulis dalam Al-qur’an. Dapur adalah laboratorium mini tempat untuk mencoba dan mempraktekkan masakan. Buku sederhana ini memberi banyak hikmah dan mengajari untuk membaca makna di balik benda-benda ataupun kegiatan seputar dapur. Bagaimana termos dengan lapisan logamnya beremisi 0 mampu menjaga suhu panas yang dimaknakan dengan bagaimana manusia selayaknya menjaga keimanannya seperti lapisan termos, atau makna ulat, makhluk menjijikkan dan sering kali membuat kita begidik, yang berada dalam sawi. Makna dalam celupan atau kelunturan kain saat mencuci, dan masih banyak lagi makna-makna yang bisa kita renungkan. Ketika Intan dan Arang yang tidak jauh berbeda, atau kerjasama bumbu-bumbu ketika memasak, dan masih banyak hal-hal simple yang ternyata mengandung makna yang dalam tentang kehidupan.

Sayang buku ini hanya menyajikan sedikit makna yang terdapat dalam dapur, yang semestinya masih banyak hal yang bisa digali. Dan akhirnya, tugas pembaca sendiri lah untuk meneruskan memaknai kegiatan dapur.

Judul: Spiritual Kitchen
Penulis: Ummifani
Penyunting: Pratiwi Ambarwati
Penerbit: Al Bayan Mizan
Cetakan: Oktober 2005
Tebal: 176 halaman
Harga: Rp. 10.000,- [Diskon di Gramed Merdeka Bandung]
ISBN: 9798394240
Genre: Non Fiksi



0 comments:

Post a Comment

 

Yuk Baca Buku Islam Template by Ipietoon Cute Blog Design