Follow by Email

Sunday, January 24, 2016

Sosok Berpengaruh pada Permulaan Dakwah Rasulullah saw

Judul: Khadijah, Perempuan Teladan Sepanjang Masa
Penulis: Ibrahim Muhammad Hasan Al-Jamal
Penerjemah: Tubagus Kesa Purwasandy
Penerbit: Mizania
Cetak: Kedua, September 2015
Tebal: 365 halaman
ISBN: 9786021337264
Harga: Rp. 69.000 (Diskon di www.parcelbuku.net)

'Khadijah memanfaatkan kesempatan ini membicarakan janji Allah Swt. dan semua yang dipersiapkan-Nya bagi orang-orang beriman secara panjang lebar, dan untuk terus menghibur Rasulullah Saw. Seolah-olah dia berkata pada beliau, " Lihatlah orang-orang beriman yang mengikutimu. Mereka bersabar menghadapi berbagai bentuk siksaan." Semua itu dilakukan Khadijah untuk membesarkan hati dan menguatkan tekad beliau' (h. 266)

Khadijah, nama yang tidak akan pernah lekang dan selalu melekat setiapkali kita membaca dan bertutur tentang Rasulullah Saw. Melalui kesabaran dan kelembutan Khadijah, Allah memberikan ketangguhan Rasulullah untuk menyebarkan risalah agama Islam.

Rasulullah dipersiapkan untuk menjadi utusan Allah pun tak lepas dari kemampuan Khadijah mengelola rumah tangga. Beliau berusaha memberikan yang terbaik, menciptakan suasana tenang dalam rumah, dan membereskan urusan-urusan keluarga ketika Rasulullah membutuhkan waktu merenung dan berkhalwat (menyepi). Harta berlimpah milik Khadijah pun diikhlaskannya untuk perjuangan Rasulullah Saw. 

Pembahasan paling menarik menurutku adalah terkait usia Khadijah ketika menikah dengan Nabi Muhammad. Penulis mencoba menganalisa kebenaran usia menikah Khadijah, yang selama ini disebutkan berusia 40th, melalui,
  • Kebiasaan usia pernikahan perempuan pada masa itu,
  • Perhitungan usia anak-anak Khadijah dari pernikahan yang sebelumnya, dan 
  • Beberapa referensi yang memuat pendapat dan riwayat tentang pernikahan Khadijah.
Penulis mencoba mengambil jalan tengah terkait pendapat yang menyebutkan usia pernikahan Khadijah 40th. Menurut beliau penyebutan usia 40th lebih mengarah pada faktor kematangan Khadijah di masa itu yang melebihi perempuan pada umumnya. Artikel menarik terkait usia Khadijah ketika menikah dapat dibaca juga di sini.

Jika dibandingkan dengan Khadijah, Ketika Rahasia Mim Tersingkap karya Sibel Eraslan, buku ini lebih memiliki kejelasan referensi dan bahasanya lugas. Namun, untuk masalah prosentase ketersinggungan Khadijah dalam alur sejarah, karya Sibel Eraslan lebih fokus dalam menceritakan sosok Khadijah.

Ada masa-masa dimana ketika membaca sirah ini, terkadang saya menjadi mencari-cari kisah tentang Khadijah, karena hampir sepertiga atau bahkan setengah isi buku bertutur lebih banyak bertutur tentang Rasulullah, perjuangan dakwah, dan para pengikutnya.

Selain itu, untuk alur sejarah juga masih agak membingungkan, ada bagian-bagian yang sepertinya alur mundur tapi tidak jelas atau meyakinkan karena seingat saya penulis jarang menyinggung tahun-tahun kejadian dalam buku.

Selain pembahasan usia Khadijah saat menikah, Saya juga banyak mendapatkan pengetahuan baru terkait sejarah awal dakwah Islam, seperti petikan perjuangan para pengikut Rasulullah ketika berhadapan dengan siksaan kaum Quraisy dan beberapa hal menarik untuk dicari tahu melalui sirah-sirah lainnya.

0 comments:

Post a Comment

 

Yuk Baca Buku Islam Template by Ipietoon Cute Blog Design