Follow by Email

Tuesday, February 09, 2016

The Secret of Heaven

Judul: The Secret of Heaven
Penulis: Herry Nurdi
Penyunting: Taufan E. Prast
Penerbit: Lingkar Pena
Cetak: Pertama, Juni 2009
Tebal: 268 hlm
ISBN: 978-602-8436-31-1
Bintang: 5/5


Siapa bilang masuk surga itu gampang?
Surga meminta tebusan yang sangat mahal
Kesadaran yang tinggi, Amal yang besar
Keberanian yang tak kenal gentar, Dan lebih dari segalanya,
surga meminta ketakutan dan cinta kita pada 
Tuhan Semesta Alam

Meski istilah instan banyak beredar, tapi tidak ada yang benar-benar instan. Bahkan untuk dapat memakan mie instan pun, kita harus bergerak merebus air  dan mengambil mangkuk. Semua hal membutuhkan usaha, meski hanya dengan satu gerakan, meski hanya berupa tarikan napas. Karena manusia tanpa usaha, layaknya makhluk mati. Jadi ketika kau menginginkan surga, apa yang sudah kamu usahakan?

Tidak ada kejadian atau hal yang berdiri sendiri, semua pasti memiliki keterkaitan. The Butterfly Effect. Apa yang kita lakukan, sangat mungkin memiliki dampak pada orang lain. Rantai yang saling berkait inilah yang perlu untuk dipahami oleh setiap manusia agar tidak gegabah dalam mengambil keputusan/tindakan.
Seluruh dari kita memiliki ikatan dan kaitan, dengan hidup dan peristiwa yang dialami oleh manusia lain dalam kehidupan yang berbeda. Karenanya, wahai makhluk yang berakal, pikirkanlah benar-benar perbuatan yang akan kita lakukan.(h. 12)
Keterkaitan antar manusia bisa memberikan dampak positif dan amal jariyah asalkan manusia selalu melandaskan perbuatannya sesuai aturan Allah Swt, mendasari pemikirannya untuk mendapat ridho Allah. Bahkan, kewajiban setiap muslim untuk mengajak saudaranya pada keridhoan Allah, bisa jadi membantu perubahan kehidupan bermasyarakat.

Ke-35 tulisan Herry Nurdi ini bukan sekadar muhasabah tetapi juga kontemplasi, ajakan untuk menyuarakan, bertindak, dan berdakwah tentang kebenaran. Diam tak selalu emas. Diam juga bisa berubah menjadi dosa. Karena dengan diamnya, sesuatu menjadi hancur. Penulis memperlihatkan bahwa ilmu yang dimiliki tak akan berguna jika tidak dilanjutkan dengan tindakan.

Kita tahu sesuatu itu salah, tapi hanya diam. Apakah akan memberikan perubahan? Apakah selama ini kita cuek dan mencari-cari alasan untuk menghindar? Bisa jadi, tindakan yang kita ambil untuk mengatasi kesalahan akan menjadi pemberat timbangan di Padang Mashyar, menjadi amalan yang melapangkan jalan menuju surga yang hakiki.

Seperti ciri khas tulisan Herry Nurdi, esai-esai dalam buku ini terasa lugas, to the point, dan mencerahkan. Tak hanya tentang dakwah, masalah pendidikan dan ibadah juga disinggung dalam esai-esai tersebut. Pembahasan ibadah dititikberatkan pada shalat. Amalan pertama manusia yang bakal dihisab adalah shalatnya. Tapi hari ini, begitu banyak Muslim yang meninggalkan dan meremehkannya. Padahal, kunci dari kuatnya tiang agama ini seyogyanya adalah pengingat, penenang, dan kekuatan untuk terus berjuang di jalan Allah. Sedangkan, permasalahan pendidikan disampaikan lewat tulisan tentang Shalahuddin Al-Ayyubi dan bagaimana kita memilih sosok ulama yang akan kita jadikan guru.


GIVEAWAYS
2 (DUA) PEMENANG BUKU "THE SECRET OF HEAVEN"

Pertanyaan:

Buatlah kalimat ajakan istiqomah yang mengandung kata 'surga'?

Aturannya:
  1. Terbuka untuk semua yang berdomisili di Indonesia
  2. Jawab pertanyaan di kotak komentar
  3. Share link ulasan + giveaways buku The Secret of Heave di akun twittermu. Jangan lupa mention @bacabukuislam dan 2 temanmu, Hastag #TSOH
  4. Follow blog ini dengan mengisikan email aktifmu di kolom "Follow by email" atau follow via bloglovin.
  5. Giveaways berlangsung sampai dengan tanggal 19 Februari 2016
  6. Pemenang dipilih oleh pemilik blog berdasarkan jawaban dari pertanyaan. Hasil keputusan tidak dapat diganggu gugat
  7. Bila 48 jam setelah pemenang dihubungi, tidak ada jawaban, maka saya akan memilih pemenang baru.

4 comments:

Post a Comment

 

Yuk Baca Buku Islam Template by Ipietoon Cute Blog Design