Follow by Email

Sunday, February 28, 2016

Untold Stories

Judul: Untold Stories: Kisah-Kisah yang Jarang Diungkap tentang Istri-Istri Rasulullah
Penulis: Tamam Khan
Penerjemah: Hilmi Akmal
Penerbit: Kaysa Media
Cetak: 2011
Tebal: 227 hlm
Bintang: 3/4
ISBN: 9791479585

Setelah membaca sejarah hidup Khadijah, keinginan untuk lebih banyak membaca sirah meningkat. Saat melihat judul dan tagline buku ini, 'Kisah-Kisah yang jarang diungkap tentang istri-istri Rasulullah', sudah pasti membuat saya penasaran. Rasulullah memang terkenal memiliki banyak istri, dan menjadi salah satu 'bahan' yang digunakan para penghina islam untuk menjatuhkan sosoknya di mata dunia.

Selama ini nama istri Rasulullah yang saya kenal adalah Khadijah, Aisyah dan Ummu Salamah karena sejarah banyak menyinggung nama mereka. Perkenalan dengan Zainab, Raihanah, Mariya, Saudah dan lainnya saya mulai dari buku Untold Stories ini. Penulis memaparkan sejarah singkat istri-istri Rasulullah dengan menggunakan referensi-referensi penulis Timur Tengah dan Barat.

Secara garis besar, sejarah singkat tentang para Ibunda Kaum Muslimin ini berisikan asal usul mereka dan penjelasan alasan Rasulullah menikahi mereka. Sebagian besar pernikahan didasari oleh alasan politik untuk mempersatukan wilayah atau bani/kelompok tertentu. Beberapa bagian dan kisah menarik untuk dicermati seperti istri-istri Rasulullah yang berasal dari kaum Yahudi dan pendapat-pendapat dari penulis terkait ketidakjelasan sejarah beberapa istri Rasulullah saw.

Selain kisah Khadijah dan perjuangan awal penyebaran Islam, penjabaran tentang pernikahan (?) Mariya juga menarik, terutama bagian yang menjelaskan latar belakang kedekatan Rasulullah dengan perempuan Kristen Koptik, dan meluas pada pembahasan tentang Kristen di era Imperium Byzantium. Selain itu, ketidakjelasan status Mariya dan sosoknya yang menjadi penyebab kecemburuan masal dari istri-istri Rasulullah, menjadikan kisah Maryam termasuk bagian yang menerbitkan rasa penasaran.

Pernikahan sekelas Rasulullah pun tak luput dari konflik. Kecemburuan sering menjadi perkara yang menciptakan suasana panas dalam rumah tangga Rasulullah. Aisyah dan Hafshah, dua istri yang tergolong belia dengan temperamen yang masih labil kerap menjadi pelopor keriuhan rumah. Ulah kedua istri belia Rasulullah ini juga pernah membuat pernikahan Rasulullah dengan Asma bin an-Nu'man gagal dan berujung pada perceraian.

Dalam literatur Islam, prosa dapat diselang-seling dengan puisi. Tapi, di dalam literatur hadis, riwayat hanya menggunakan hadis-tanpa penambahan- sehingga hal ini dapat menjelaskan mengapa hanya ada sedikit puisi modern tentang Para Ibunda Orang Mukminin. Secara tradisional, seorang penulis muslim cenderung tidak membahas bagaimana perasaan Khadijah seperti yang telah kulakukan. (Bab Pendahuluan)

Oleh sebab kutipan di atas, penulis menyelipkan puisi dalam setiap sirah untuk menyampaikan perasaan yang melanda setiap sosok yang sedang diceritakan. Meski begitu, penulis tetap memperhatikan referensi ilmiah supaya tidak terlalu menyimpang dari kebenaran. Untold Stories ini menarik untuk dijadikan pengantar memperkenalkan istri-istri Rasulullah meski masih banyak tanda-tanya mengingat keminiman saya dalam membaca sirah.

0 comments:

Post a Comment

 

Yuk Baca Buku Islam Template by Ipietoon Cute Blog Design