Monday, November 02, 2015

Khadijah by Sibel Eraslan

Khadijah yang ditulis Sibel Eraslan adalah bacaan pertama kali saya yang khusus mengangkat sirah istri pertama Rasulullah ini. Sejauh ini, saya mengetahui potongan-potongan perjalanan hidup Bunda Khadijah dari sirah nabawiyah atau esai berkaitan dengan keteladanan beliau.


Pembuka buku ini langsung memperlihatkan gaya bahasa seperti apa yang akan digunakan penulis dalam berkisah. Penggambaran latar, sosok dan perasaan Khadijah disampaikan dengan kata-kata romantis, penuh syair dan lembut, terasa seperti membaca dongeng tapi dengan kisah yang nyata.

Meski terkadang terasa bertele-tele, terutama bagi saya yang lebih menyukai bahasa lugas, sosok Bunda Khadijah digambarkan dengan natural, ada saat lelah, sedih, bahagia, pasrah, tangguh, menangis. Tapi, tidak dipungkiri, penggunaan bahasa yang lembut ini, bisa membuat pembaca lebih merasakan kehebatan sosoknya dalam mendukung perjuangan Rasulullah. Sosok yang memang layak mendapatkan cinta yang begitu dalam dari Rasulullah, dan pantas menerima "salam" dari Allah SWT.

"Surga tak datang pada orang yang selalu bahagia, tapi dari perjuangan dan keteguhan iman setiap melewati segala ujian."

Meski tidak banyak, sosok Rasulullah juga disinggung dalam cerita. Sosok yang santun, banyak merenung, peduli, penuh kasih sayang, amanah, jujur dan  mengetarkan terutama bagian yang menceritakan perlakuan Bani Quraisy ketika beliau menyampaikan ajaran Islam, yaitu syahadat.

Tanda tanya yang masih membekas di kepala saya setelah membaca buku Khadijah ini adalah masalah referensi. Karena latar cerita kadang terasa detail dan menimbulkan pertanyaan, "benar seperti ini?" Semisal, penantian Khadijah yang ditemani kendi tanah liat pemberian Rasulullah. Mungkin karena saya yang belum banyak membaca buku tentang Khadijah atau saking banyaknya buku sejarah yang telah dicerna penulis sehingga kesulitan menyebutkan referensi beliau dalam menulis. Wallahu'alam. Hanya saja, berkat membaca buku ini, saya berminat mencari bacaan lain yang mengangkat sosok Khadijah.

Dan, saya masih berminat untuk membaca karya Sibel Eraslan lainnya

Judul: Khadijah
Penulis: Sibel Eraslan 
Penerjemah: Ahmad Saefudin, Hyunisa Rahmanadia, Erwin Putra 
Penerbit: KaysaMedia
Cetak: IV, 2014
Tebal: xxxii + 388 hlm
ISBN: 978-979-1479-63-9
Harga: Rp. 65.000 (Diskon di www.parcelbuku.net)

3 comments:

  1. Saya penasaran dengan buku ini ketika ada orang yang nanya ke saya apa saya jual buku ini (seri Penerbit KaysaMedia). Wah menarik sepertinya ya Mba. Saya juga membaca tentang Bunda Khadijah yang diterbitkan Mizania. Tapi belum bisa selesai..

    ReplyDelete
  2. Khadijah terbitan Mizan juga jadi salah satu target baca sirah istri Rasulullah ini. Coba nanti dibandingkan :D

    ReplyDelete

 

Yuk Baca Buku Islam Template by Ipietoon Cute Blog Design