Follow by Email

Tuesday, December 22, 2015

Kakakku Sayang


Dara sebal memiliki kakak yang nakal. Kak Farhan memang suka memaksa, mencuri, mengancam, dan membolos. Bahkan, teman-teman Dara juga sering takut dan menyebut Kak Farhan nakal.

Tapi, Dara juga tahu kalau Kak Farhan baik, karena mau  membantu Oding yang harus merawat neneknya. Kak Farhan, anak yang tak bisa diam, bahkan ketika hidungnya selalu mimisan dan tubuhnya semakin kurus.

Saya tidak punya kakak, tapi membaca pemikiran Dara, jadi ikut merasakan bagaimana rasa jengkel sekaligus sayang adik pada kakaknya. Novel anak ini memiliki tema yang tidak umum, yaitu adanya latar belakang penyakit yang diidap Farhan, hal yang jarang ditemukan pada novel anak.

Menengok kenakalan Farhan, mengubah pandangan bahwa sikap tersebut tak sepenuhnya membuat anak menjadi jahat. Bahwa kenakalan jangan hanya dilihat dari satu sisi buruk saja.

Judul: Kakakku Sayang
Penulis: Nurhayati Pujiastuti
Penyunting: Mastris Radyamas
Penerbit: Lintang Indiva
Cetak: 2012
Tebal: 120 hlm
ISBN: 9786028277679
Readmore → Kakakku Sayang

Monday, December 21, 2015

Islam is Me

Dari #AbuHurairah ra, Dia berkata: #Rasulullah saw bersabda, "Islam muncul dalam keadaan asing, dan ia akan kembali dalam keadaan asing, maka beruntunglah orang-orang yang terasingkan itu." (HR. Bukhari)

Islam is Me memperlihatkan bagaimana kondisi terasing sudah terjadi dan terlihat di sekitar kita. Banyak kejadian yang sudah menjadi hal biasa, padahal sangat bertentangan dengan ajaran #Rasulullah, semisal gosip atau bermegah-megahan.

Lewat komik, ilustrator menyampaikan gambaran nyata dari islam, yang bagaikan buih di lautan, banyak tapi mudah diombang-ambingkan arus. Sebuah tealitas hidup yang lebih cinta dunia dan takut mati.

Bagian yang saya suka adalah bagaimana penulis mengilustrasikan bab tentang 'bolehnya iri', dalem rasanya dan ilustrasi tentang sedekah yang kemungkinan besar luput dari pikiran kita.

Sebenarnya materi banyak ditemukan di komik islam lainnya dan faktor humor juga termuat dalam #IslamisMe, tapi ilustrator berhasil membuat konsep dan menyusun alur komik, poin yang sering terlupakan pada komik-komik islami.

#IslamisMe dibuka dengan hadist keterasingan Islam dan ditutup dengan pertanyaan yang terkait dengan hadist pembuka, sehingga ada semacam pertanyaan yang akan menjadi tanda tanya besar setelah kita diajak melihat keterasingan di sekitar kita.
"Sudahkah kita termasuk umat yang menghidupkan sunah Rasulullah saw di saat orang-orang lain mematikannya?" h.98  

Judul: Islam is Me
Penulis: Doni Kudjo
Penerbit: Qultum Media
Cetak: Juni 2015
Tebal: 104 hlm
ISBN: 9790173164
Harga: Rp. 43.000 (Diskon di www.parcelbuku.net)
Readmore → Islam is Me

Yuk Sempurnakan Hijab!

Hijab = Wajib, sebenarnya sudah menjadi "harga mati" seorang muslimah untuk mengenakan hijab. Anggapan mengekang, belum siap, atau alasan lainnya, terasa dibuat-buat jika manusia telah mencanangkan dirinya sebagai muslimah. Berbekal ketaqwaan yang menjadi penyaring nafsu dan terbuka pemikiran maka segala alasan negatif tersebut akan lenyap. Yuk Sempurnakan Hijab!


Hijab bukan hanya tampaknya saja sebagai penutup. Ada manfaat di dalamnya, ada perlindungan, ada kasih sayang Ilahi, ada banyak hal, tersirat maupun tersurat yang terkadang tidak disadari kaum muslimah. Bahkan, hijab juga dapat memberikan satu sudut kebebasan dimana pemakainya tak perlu terkekang kostum duniawi.

Hijab tidaklah sekadar 'berhijab'. Mengapa berhijab harus begini? Mengapa menutup aurat harus begitu? Semua memiliki makna dan hikmah yang dijelaskan dalam buku #YukSempurnakanHijab. Tak hanya masalah kesehatan, tapi juga peran hijab di berbagai lini kehidupan bermasyarakat.

Buku #YukSempurnakanHijab tergolong lengkap membahas berbagai sudut tentang hijab. Meski terkadang ada poin-poin yang agak mengambang dan tidak dilengkapi  penjelasan yang kuat, minimal buku ini dapat menjadi pengantar pemahaman, baik wanita atau laki-laki terkait hijab bagi seluruh muslimah.

Judul: Yuk Sempurnakan Hijab!
Penulis: Usth. Badriyah dan dr. Samihah
Penerjemah: Muhammad Alwan, Lc
Penerbit: Aisar Publishing
Cetak: April, 2014
Tebal: 245 hlm
ISBN: 9786021243008
Readmore → Yuk Sempurnakan Hijab!

Monday, December 07, 2015

Catatan Indah Untuk Tuhan

Tidak ada sesuatu yang kebetulan, segala kejadian pasti melewati rencana dan kehendak Allah. Syukur dan terus memberi manfaat kepada sesama. Hal-hal  itulah yang saya rasakan setiap membaca kumpulan tulisan dari Saptuari dalam Catatan Indah Untuk Tuhan.


Gerakan #SedekahRombongan menjadi penggerak dari misi dan visi Saptuari untuk terus bermanfaat bagi sesama. Beberapa kisah menceritakan bagaimana beliau bersama para relawan memaksimalkan bantuan dana yang didapat dari donatur.

Salah satu kisah yang sangat mengena, terkhusus bagi saya, adalah upaya menolong gadis cilik yang tercebur di gulai yang mendidih. Kalimat penutup kisah yang diucapkan Pak Jayadi yang kesehariannya membersihkan mushola sepulang kerja, sukses membuat saya terhenyak.
"Jawaban dari Allah saya terima ketika Mas Dhemang datang ke rumah. Saya yakin sekali, ketika saya membersihkan rumah Allah, Allah pun akan membersihkan masalah saya." (Jayadi - h.52)
Sebagian besar kisah didasari dari pengalaman pribadi, layaknya buku harian yang ujung tulisannya merangkum hikmah di balik segala kejadian. Dari kisah ke kisah, pembaca akan diajak untuk merenung, tentang hakikat dan makna hidup seorang hamba.

Hal yang agak mengganjal bagi saya adalah ketika penulis mulai menciptakan imajinasi yang menggambarkan pikiran orang lain. Semisal ketika di Masjidil Haram melihat seorang bapak tua dengan tas kumuhnya duduk di hadapan Ka'bah. Maksud penulis mungkin ingin mengungkapkan kerinduan mendalam manusia kepada Ilahi dan Rasulullah, tapi sayangnya kita manusia tidak pernah tahu dengan pasti apa yang ada di pikiran orang lain.

Judul: Catatan Indah Untuk Tuhan
Penulis: Saptuari Sugiharto
Penyunting: Henny Irawati
Penerbit: Mizania
Cetak: Pertama, Januari 2014
Tebal: 200 hlm
ISBN: 9786029255911
Harga: Rp. 65.000 (Diskon di www.parcelbuku.net)
Readmore → Catatan Indah Untuk Tuhan
 

Yuk Baca Buku Islam Template by Ipietoon Cute Blog Design