Follow by Email

Friday, May 04, 2012

Bersama Tarbiyah, Ukhti Tunaikan Amanah


Bertutur tentang tarbiyah, sebenarnya saya sendiripun sedang belajar mentarbiyah diri. Keakhwatan #1 karya Ust. Cahyadi, dkk ini adalah hadiah dari suami, sekaligus sindiran karena saya lebih banyak berkutat dengan buku berjenis fiksi. Lumayan lama buku ini mendekam di rak, baru bulan kemarin akhirnya saya tergerak untuk menceburkan diri ke dalamnya. Meski sedikit terlambat, Alhamdulillah, ternyata tidak salah hadiah yang dipilih si Abi.

Sebagai seorang muslimah, apalagi telah menjadi seorang istri/ibu, penting utuk senantiasa mentarbiyah diri. Tidak hanya sekadar untuk membentuk pribadi menjadi solehah, tetapi juga menciptakan pemikiran yang berlandaskan Islam.

“Kegiatan tarbiyah merupakan sebuah proses yang bermaksud menghantarkan pelakunya menuju kepada sebuah ‘kesempurnaan’ dalam batas kemanusiaan, yaitu usaha-usaha perbaikan diri dan umat untuk mencapai kondisi yang lebih baik. Para akhawat muslimah adalah bagian dari masyarakat, sebagaimana juga laki-laki, yang harus dipersiapkan segala peran kebaikannya dalam sebuah proses tarbiyah” [h. 6]

Buku yang digarap empat orang penulis ini mampu menyampaikan tentang pentingnya tarbiyah bagi seorang muslimah secara gamblang. Sempat terpikir bahwa isi buku ini pastilah berat, sehingga saya pun menunda membacanya dalam jangka waktu yang cukup lama. Ternyata, saya salah, karena materi yang dipaparkan penulis sangat mudah dicerna oleh kepala. Materinya pun terbilang lengkap dan membahas berbagai kewajiban muslimah, mulai terhadap diri sendiri, keluarga, anak, suami, hingga masyarakat.

Buku ini layak untuk dijadikan bekal dan referensi sepanjang hidup, bahkan pantas untuk dibaca berulang kali mengingat kelabilan keimanan manusia. Pemaparan tentang pentingnya dan alasan dasar kenapa setiap muslimah wajib untuk tarbiyah, yang terletak di bab awal, sedikit banyak menjadi motivasi dan alasan kuat bagi saya untuk menuntaskan isi buku ini. Sekaligus, meyakinkan saya untuk terus menjadi lebih baik, lebih baik dan lebih baik lagi. Aamiiin!

Wallahu’alam bisshowwab


Judul: Keakhwatan #1, Bersama Tarbiyah Ukhti Muslimah Tunaikan Amanah
Penulis: Cahyadi Takariawan, dkk
Editor: Wahid Ahmadi & Darsim Ermaya Imam Fajarudin
Penerbit: Era Adicitra Intermedia
Cetak: Pertama, Februari 2010/Safar 1431 H
Tebal: xxii + 250 hlm
Bintang: ****

Seri Keakhwatan Lainnya:
Keakhwatan 2; Keakhwatan 3; Keakhwatan 4

:: ingin buku seken/murah bermutu? mampir ke FB Parcel Buku yuk! ::

2 comments:

Post a Comment

 

Yuk Baca Buku Islam Template by Ipietoon Cute Blog Design