Follow by Email

Sunday, February 28, 2016

Pengumuman Pemenang Secret of Heaven

Assalamu'alaykum wr. wb.,

Alhamdulillah, setelah dikepung pekerjaan akhirnya bisa kembali membaca buku dan mampir ke blog Yuk Baca Buku Islam. Mohon maaf juga karena baru sekarang bisa mengumumkan pemenang Kuis The Secret of Heaven. Jadi langsung aja ya...

Pemenangnya:
1. Siti Nuryati @NelyRyanti
2. Yeyen Nursyipa @YeyenNursyipa

Bagi pemenang silakan mengirimkan alamat lengkap dan no HP ke email bacabukuislam@gmail.com. Sangat diharapkan bagi pemenang untuk mengulas atau memberikan kesan mengenai isi buku dan mention ke twitter @bacabukuislam 

InsyaaALLAH setiap bulan akan ada kuis-kuis buku islami yang bisa kamu ikuti ^^


Readmore → Pengumuman Pemenang Secret of Heaven

Untold Stories

Judul: Untold Stories: Kisah-Kisah yang Jarang Diungkap tentang Istri-Istri Rasulullah
Penulis: Tamam Khan
Penerjemah: Hilmi Akmal
Penerbit: Kaysa Media
Cetak: 2011
Tebal: 227 hlm
Bintang: 3/4
ISBN: 9791479585

Setelah membaca sejarah hidup Khadijah, keinginan untuk lebih banyak membaca sirah meningkat. Saat melihat judul dan tagline buku ini, 'Kisah-Kisah yang jarang diungkap tentang istri-istri Rasulullah', sudah pasti membuat saya penasaran. Rasulullah memang terkenal memiliki banyak istri, dan menjadi salah satu 'bahan' yang digunakan para penghina islam untuk menjatuhkan sosoknya di mata dunia.

Selama ini nama istri Rasulullah yang saya kenal adalah Khadijah, Aisyah dan Ummu Salamah karena sejarah banyak menyinggung nama mereka. Perkenalan dengan Zainab, Raihanah, Mariya, Saudah dan lainnya saya mulai dari buku Untold Stories ini. Penulis memaparkan sejarah singkat istri-istri Rasulullah dengan menggunakan referensi-referensi penulis Timur Tengah dan Barat.

Secara garis besar, sejarah singkat tentang para Ibunda Kaum Muslimin ini berisikan asal usul mereka dan penjelasan alasan Rasulullah menikahi mereka. Sebagian besar pernikahan didasari oleh alasan politik untuk mempersatukan wilayah atau bani/kelompok tertentu. Beberapa bagian dan kisah menarik untuk dicermati seperti istri-istri Rasulullah yang berasal dari kaum Yahudi dan pendapat-pendapat dari penulis terkait ketidakjelasan sejarah beberapa istri Rasulullah saw.

Selain kisah Khadijah dan perjuangan awal penyebaran Islam, penjabaran tentang pernikahan (?) Mariya juga menarik, terutama bagian yang menjelaskan latar belakang kedekatan Rasulullah dengan perempuan Kristen Koptik, dan meluas pada pembahasan tentang Kristen di era Imperium Byzantium. Selain itu, ketidakjelasan status Mariya dan sosoknya yang menjadi penyebab kecemburuan masal dari istri-istri Rasulullah, menjadikan kisah Maryam termasuk bagian yang menerbitkan rasa penasaran.

Pernikahan sekelas Rasulullah pun tak luput dari konflik. Kecemburuan sering menjadi perkara yang menciptakan suasana panas dalam rumah tangga Rasulullah. Aisyah dan Hafshah, dua istri yang tergolong belia dengan temperamen yang masih labil kerap menjadi pelopor keriuhan rumah. Ulah kedua istri belia Rasulullah ini juga pernah membuat pernikahan Rasulullah dengan Asma bin an-Nu'man gagal dan berujung pada perceraian.

Dalam literatur Islam, prosa dapat diselang-seling dengan puisi. Tapi, di dalam literatur hadis, riwayat hanya menggunakan hadis-tanpa penambahan- sehingga hal ini dapat menjelaskan mengapa hanya ada sedikit puisi modern tentang Para Ibunda Orang Mukminin. Secara tradisional, seorang penulis muslim cenderung tidak membahas bagaimana perasaan Khadijah seperti yang telah kulakukan. (Bab Pendahuluan)

Oleh sebab kutipan di atas, penulis menyelipkan puisi dalam setiap sirah untuk menyampaikan perasaan yang melanda setiap sosok yang sedang diceritakan. Meski begitu, penulis tetap memperhatikan referensi ilmiah supaya tidak terlalu menyimpang dari kebenaran. Untold Stories ini menarik untuk dijadikan pengantar memperkenalkan istri-istri Rasulullah meski masih banyak tanda-tanya mengingat keminiman saya dalam membaca sirah.
Readmore → Untold Stories

Tuesday, February 09, 2016

The Secret of Heaven

Judul: The Secret of Heaven
Penulis: Herry Nurdi
Penyunting: Taufan E. Prast
Penerbit: Lingkar Pena
Cetak: Pertama, Juni 2009
Tebal: 268 hlm
ISBN: 978-602-8436-31-1
Bintang: 5/5


Siapa bilang masuk surga itu gampang?
Surga meminta tebusan yang sangat mahal
Kesadaran yang tinggi, Amal yang besar
Keberanian yang tak kenal gentar, Dan lebih dari segalanya,
surga meminta ketakutan dan cinta kita pada 
Tuhan Semesta Alam

Meski istilah instan banyak beredar, tapi tidak ada yang benar-benar instan. Bahkan untuk dapat memakan mie instan pun, kita harus bergerak merebus air  dan mengambil mangkuk. Semua hal membutuhkan usaha, meski hanya dengan satu gerakan, meski hanya berupa tarikan napas. Karena manusia tanpa usaha, layaknya makhluk mati. Jadi ketika kau menginginkan surga, apa yang sudah kamu usahakan?

Tidak ada kejadian atau hal yang berdiri sendiri, semua pasti memiliki keterkaitan. The Butterfly Effect. Apa yang kita lakukan, sangat mungkin memiliki dampak pada orang lain. Rantai yang saling berkait inilah yang perlu untuk dipahami oleh setiap manusia agar tidak gegabah dalam mengambil keputusan/tindakan.
Seluruh dari kita memiliki ikatan dan kaitan, dengan hidup dan peristiwa yang dialami oleh manusia lain dalam kehidupan yang berbeda. Karenanya, wahai makhluk yang berakal, pikirkanlah benar-benar perbuatan yang akan kita lakukan.(h. 12)
Keterkaitan antar manusia bisa memberikan dampak positif dan amal jariyah asalkan manusia selalu melandaskan perbuatannya sesuai aturan Allah Swt, mendasari pemikirannya untuk mendapat ridho Allah. Bahkan, kewajiban setiap muslim untuk mengajak saudaranya pada keridhoan Allah, bisa jadi membantu perubahan kehidupan bermasyarakat.

Ke-35 tulisan Herry Nurdi ini bukan sekadar muhasabah tetapi juga kontemplasi, ajakan untuk menyuarakan, bertindak, dan berdakwah tentang kebenaran. Diam tak selalu emas. Diam juga bisa berubah menjadi dosa. Karena dengan diamnya, sesuatu menjadi hancur. Penulis memperlihatkan bahwa ilmu yang dimiliki tak akan berguna jika tidak dilanjutkan dengan tindakan.

Kita tahu sesuatu itu salah, tapi hanya diam. Apakah akan memberikan perubahan? Apakah selama ini kita cuek dan mencari-cari alasan untuk menghindar? Bisa jadi, tindakan yang kita ambil untuk mengatasi kesalahan akan menjadi pemberat timbangan di Padang Mashyar, menjadi amalan yang melapangkan jalan menuju surga yang hakiki.

Seperti ciri khas tulisan Herry Nurdi, esai-esai dalam buku ini terasa lugas, to the point, dan mencerahkan. Tak hanya tentang dakwah, masalah pendidikan dan ibadah juga disinggung dalam esai-esai tersebut. Pembahasan ibadah dititikberatkan pada shalat. Amalan pertama manusia yang bakal dihisab adalah shalatnya. Tapi hari ini, begitu banyak Muslim yang meninggalkan dan meremehkannya. Padahal, kunci dari kuatnya tiang agama ini seyogyanya adalah pengingat, penenang, dan kekuatan untuk terus berjuang di jalan Allah. Sedangkan, permasalahan pendidikan disampaikan lewat tulisan tentang Shalahuddin Al-Ayyubi dan bagaimana kita memilih sosok ulama yang akan kita jadikan guru.


GIVEAWAYS
2 (DUA) PEMENANG BUKU "THE SECRET OF HEAVEN"

Pertanyaan:

Buatlah kalimat ajakan istiqomah yang mengandung kata 'surga'?

Aturannya:
  1. Terbuka untuk semua yang berdomisili di Indonesia
  2. Jawab pertanyaan di kotak komentar
  3. Share link ulasan + giveaways buku The Secret of Heave di akun twittermu. Jangan lupa mention @bacabukuislam dan 2 temanmu, Hastag #TSOH
  4. Follow blog ini dengan mengisikan email aktifmu di kolom "Follow by email" atau follow via bloglovin.
  5. Giveaways berlangsung sampai dengan tanggal 19 Februari 2016
  6. Pemenang dipilih oleh pemilik blog berdasarkan jawaban dari pertanyaan. Hasil keputusan tidak dapat diganggu gugat
  7. Bila 48 jam setelah pemenang dihubungi, tidak ada jawaban, maka saya akan memilih pemenang baru.
Readmore → The Secret of Heaven
 

Yuk Baca Buku Islam Template by Ipietoon Cute Blog Design