Follow by Email

Sunday, January 24, 2016

Sosok Berpengaruh pada Permulaan Dakwah Rasulullah saw

Judul: Khadijah, Perempuan Teladan Sepanjang Masa
Penulis: Ibrahim Muhammad Hasan Al-Jamal
Penerjemah: Tubagus Kesa Purwasandy
Penerbit: Mizania
Cetak: Kedua, September 2015
Tebal: 365 halaman
ISBN: 9786021337264
Harga: Rp. 69.000 (Diskon di www.parcelbuku.net)

'Khadijah memanfaatkan kesempatan ini membicarakan janji Allah Swt. dan semua yang dipersiapkan-Nya bagi orang-orang beriman secara panjang lebar, dan untuk terus menghibur Rasulullah Saw. Seolah-olah dia berkata pada beliau, " Lihatlah orang-orang beriman yang mengikutimu. Mereka bersabar menghadapi berbagai bentuk siksaan." Semua itu dilakukan Khadijah untuk membesarkan hati dan menguatkan tekad beliau' (h. 266)

Khadijah, nama yang tidak akan pernah lekang dan selalu melekat setiapkali kita membaca dan bertutur tentang Rasulullah Saw. Melalui kesabaran dan kelembutan Khadijah, Allah memberikan ketangguhan Rasulullah untuk menyebarkan risalah agama Islam.

Rasulullah dipersiapkan untuk menjadi utusan Allah pun tak lepas dari kemampuan Khadijah mengelola rumah tangga. Beliau berusaha memberikan yang terbaik, menciptakan suasana tenang dalam rumah, dan membereskan urusan-urusan keluarga ketika Rasulullah membutuhkan waktu merenung dan berkhalwat (menyepi). Harta berlimpah milik Khadijah pun diikhlaskannya untuk perjuangan Rasulullah Saw. 

Pembahasan paling menarik menurutku adalah terkait usia Khadijah ketika menikah dengan Nabi Muhammad. Penulis mencoba menganalisa kebenaran usia menikah Khadijah, yang selama ini disebutkan berusia 40th, melalui,
  • Kebiasaan usia pernikahan perempuan pada masa itu,
  • Perhitungan usia anak-anak Khadijah dari pernikahan yang sebelumnya, dan 
  • Beberapa referensi yang memuat pendapat dan riwayat tentang pernikahan Khadijah.
Penulis mencoba mengambil jalan tengah terkait pendapat yang menyebutkan usia pernikahan Khadijah 40th. Menurut beliau penyebutan usia 40th lebih mengarah pada faktor kematangan Khadijah di masa itu yang melebihi perempuan pada umumnya. Artikel menarik terkait usia Khadijah ketika menikah dapat dibaca juga di sini.

Jika dibandingkan dengan Khadijah, Ketika Rahasia Mim Tersingkap karya Sibel Eraslan, buku ini lebih memiliki kejelasan referensi dan bahasanya lugas. Namun, untuk masalah prosentase ketersinggungan Khadijah dalam alur sejarah, karya Sibel Eraslan lebih fokus dalam menceritakan sosok Khadijah.

Ada masa-masa dimana ketika membaca sirah ini, terkadang saya menjadi mencari-cari kisah tentang Khadijah, karena hampir sepertiga atau bahkan setengah isi buku bertutur lebih banyak bertutur tentang Rasulullah, perjuangan dakwah, dan para pengikutnya.

Selain itu, untuk alur sejarah juga masih agak membingungkan, ada bagian-bagian yang sepertinya alur mundur tapi tidak jelas atau meyakinkan karena seingat saya penulis jarang menyinggung tahun-tahun kejadian dalam buku.

Selain pembahasan usia Khadijah saat menikah, Saya juga banyak mendapatkan pengetahuan baru terkait sejarah awal dakwah Islam, seperti petikan perjuangan para pengikut Rasulullah ketika berhadapan dengan siksaan kaum Quraisy dan beberapa hal menarik untuk dicari tahu melalui sirah-sirah lainnya.

Readmore → Sosok Berpengaruh pada Permulaan Dakwah Rasulullah saw

Monday, January 11, 2016

Islamic Translated Book Reading Challenge 2016 (IsTBRC) - Master Post


Assalamu'alaykum,

Tahun ini IsRC yang sebelumnya pernah diadakan di blog ini, sementara libur untuk mengevaluasi kembali kinerja admin. Jadi, sebagai pengganti semangat berbagi bacaan islami, kamu bisa ikut reading challenge yang satu ini, yang diselenggarakan oleh Evyta di Lensa Buku

Pengen tahu informasi lengkapnya, Yuks...

Aturan Main

  1. Tantangan ini berlangsung dari 1 Januari 2016 – 31 Desember 2016. Jadi bagi yang sudah membaca buku Islam sesuai ketentuan sebelum postingan ini diterbitkan tetap boleh menyetorkan link reviewnya.
  2. Ketentuan buku yang dibaca adalah: Buku-buku agama Islam terjemahan, yaitu yang ditulis oleh penulis luar (bebas negara mana saja) dan diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Umumnya memang yang banyak diterjemahkan di Indonesia itu yang dari negara-negara Timur Tengah, Arab Saudi, India, bahkan Eropa, misalnya seperti penulis Ibnu Taimiyah, Ibnu Katsir, Syaikh Safiyurrahman al-Mubarakfuri, Syaikh Muhammad bin Utsaimin, dan lain sebagainya. Tidak harus terpaku pada penulis yang disebutkan tadi, bebas, yang penting terjemahan.
  3. Genre buku untuk saat ini hanya yang nonfiksi saja. Kategorinya bebas, boleh akidah, fikih, sejarah, motivasi, kisah dan hikmah, dll. Intinya bukan novel atau fiksi.
  4. Buku yang dibaca boleh buku cetak maupun dalam format e-book
  5. Boleh baca ulang buku yang sudah pernah dibaca asalkan belum pernah menulis reviewnya
  6. Membuat ulasan/review/resensi buku yang dibaca dan di-posting di media apa saja (bebas), boleh blog, note FB, review goodreads, tumblr, dll, asalkan postingan disetting untuk umum, sehingga yang bukan friend list tetap bisa melihat isinya.
  7. Bagi yang menggunakan blog, harus membuat master post yang menginformasikan bahwa Anda mengikuti reading challenge ini dan sertakan banner RC di atas berikut link ke postingan saya ini sebagai hostnya.
  8. Setiap ulasan harus menyertakan info bahwa buku yang diulas tersebut diikut sertakan dalam Islamic Translated Book Reading Challenge 2016. Boleh juga mencantumkan link ke postingan master post Anda masing-masing (optional). Intinya supaya orang lain juga mengetahui info Islamic Translated Book Reading Challenge 2016 yang Anda ikuti. Syukur-syukur kalau mereka jadi ingin ikut juga.
  9. Like Facebook page Lensa Buku di https://www.facebook.com/lensabukuku/ atau follow twitter @lensabuku
  10. Mendaftarkan diri melalui formulir di http://www.lensabuku.com/book-challenges/islamic-translated-book-reading-challenge-2016-istbrc/.


Hadiah

Ada tantangan tentu ada rewardnya dong. In sya Allah reward akan dibagi menjadi 2 periode, yaitu periode semester pertama (Juni 2016) dan periode semester kedua (Desember 2016). Hadiahnya apa saja?

  • Voucher buku Islam senilai Rp. 200.000 untuk pemenang pertama
  • Voucher buku Islam senilai Rp. 150.000 untuk pemenang kedua
  • Hadiah hiburan untuk pemenang ke-3, 4, dan 5, berupa masing-masing mendapat 1 buku Islam dari saya

Hadiah ini berlaku untuk masing-masing semester. Jadi tiap semester akan dipilih 5 pemenang yang berbeda. Untuk semester pertama akan dipilih dari keaktifan peserta mulai 1 Januari 2016 sampai akhir Juni 2016. Sedangkan untuk semester kedua akan dipilih dari keaktifan peserta mulai 1 Juli 2016 sampai 31 Desember 2016. Bisa jadi pemenang di semester pertama tidak sama dengan pemenang di semester kedua dan bisa jadi juga sama. Ini akan memberikan kesempatan yang sama bagi peserta yang ikut.

Kriteria Penilaian

Penilaian pemenang didasarkan pada poin berikut:

  1. Jumlah buku yang dibaca dan diulas/review. Semakin banyak, semakin bagus.
  2. Cara penulisan review. Review harus mencakup kesan kamu setelah membaca buku tersebut, kelebihan dan kekurangan buku yang dibaca (kalau ada), serta ulas sedikit apa yang dibahas di dalam buku. Tidak harus memakai bahasa baku, bebas saja.
  3. Cantumkan data buku seperti judul aslinya, judul terjemahannya, penulis, penerjemah, penerbit, jumlah halaman dan lain-lain yang dirasa perlu
  4. Setor Link Review

Setiap selesai menulis review, setor link review bukunya di form di http://www.lensabuku.com/book-challenges/islamic-translated-book-reading-challenge-2016-istbrc/. Lalu share juga link ulasan tersebut ke salah satu media sosial seperti akun Facebook (dengan mention FP Lensa Buku) atau tweet ke twittermu dengan mention akun @lensabuku dan @evytaar (pilih salah satu saja) supaya bisa saya share atau tweet ulang. Jangan lupa cantumkan hashtag #IsTBRC16.

Readmore → Islamic Translated Book Reading Challenge 2016 (IsTBRC) - Master Post

Friday, January 01, 2016

Pengumuman Pemenang November - Desember dan Pemenang Akhir Tahun


Assalamu'alaykum, sahabat...

Alhamdulillah, sudah berjalan setahun even Islamic Reading Challenge digelar dan sangat banyak kekurangan/kelalaian yang dilakukan saya sebagai penyelenggara. Saya mohonkan maaf yang sebesar-besarnya, terutama untuk peserta IsRC yang turut andil menyemarakkan even ini.

Syukur dan terimakasih saya sampaikan kembali untuk sahabat semua yang bersedia mengirimkan ulasan buku-buku islami bermanfaat. Semoga upayanya bisa membantu pembaca lainnya untuk mencari referensi sekaligus menyebarkan bacaan-bacaan bermanfaat :)

Mengingat Bulan November dan Desember, saya belum mengumumkan pemenang bulanan, sekaligus pemenang akhir tahun. Lewat tulisan ini akan disampaikan nama berhak menerima hadiah

Pemenang Buku Pilihan Bulan November-Desember 2015

  1. Muhammad Ridho > review: https://ridhodanbukunya.wordpress.com/2015/11/17/buku-saku-renungan-al-quran/
  2. Ade Delina > review: https://delinabook.wordpress.com/2015/11/21/kejujuran-membawa-sengsara-memahami-sederhananya-kejujuran/

Buku Pilihan (pilih salah satu)

  • Jangan Pernah Menyerah oleh @beraniberhijrah 
  • Untuk Kalian yang Rindu Perubahan oleh Edgar Hamas

Pemenang Akhir Tahun, berhadiah voucher 300.000 belanja di www.parcelbuku.net

  • Tyasetyo Sardjono > http://hatidanpikiranjernih.blogspot.co.id

Silakan pemenang mengirimkan data diri dan judul buku pilihan ke sinthionk@gmail.com dan WAJIB mengulas buku tersebut paling lambat sebulan setelah diterima (Mohon diinformasikan ketika buku telah sampai)
Readmore → Pengumuman Pemenang November - Desember dan Pemenang Akhir Tahun
 

Yuk Baca Buku Islam Template by Ipietoon Cute Blog Design