Follow by Email

Sunday, December 25, 2011

Surat Sahabat Dari Palestina


Berbicara tentang perang, Palestina merupakan salah satu tempat yang paling mudah muncul di kepala. Bagaimana tidak, berita kekejaman Israel dalam membombardir tanah Gaza sudah banyak sekali bertebaran, mulai dari media hingga saksi mata. Kekejian tentara Israel tidak hanya terlihat dari bom-bom yang diluncurkan untuk memporak-porandakan Palestina, tapi juga perburuan layaknya binatang setiap kali melakukan penyisiran.

Perampokan tanah Gaza dan kekejaman tentara Israel berdampak besar terhadap anak-anak Palestina. Kondisi peperangan membuat anak-anak yang awalnya ketakutan dan kegelisahan, menjadi sosok yang penuh tekad dan keras, bahkan rela mati demi menghancurkan penjajah dzalim, Israel. Hal itu tergambar dari surat-surat yang terdapat dalam buku Masihkah Ada Harapan Buat Kami?








Foto di atas adalah sebagian dari isi surat dari anak-anak Palestina. Sebagian besar berisikan kecaman atas kekejaman Israel dan himbuan kepada muslim dunia untuk membantu rakyat Palestina berjuang membebaskan tanah kelahirannya. Saya agak bingung dengan alasan dibaginya surat-surat tersebut ke dalam 4 bab, yaitu kondisi, perasaan, harapan, dan cita-cita, karena menurutku hampir semua surat memuat keempat poin tersebut.

“Mudah-mudahan anak Indonesia, setelah membaca buku ini tergerak hatinya untuk meringankan penderitaan mereka dengan membalas surat anak-anak di Jalur Gaza sebagai “pertanda” turut memikul beban penderitaan bersama antara Indonesia dan Palestina” [alinea terakhir dalam kata pengantar]

MP4Palestine mencoba mewadahi keinginan tersebut lewat acara sharing tentang Palestina dengan anak-anak binaan Majlis Ta'lim Al-Falah [info selengkapnya bisa dibaca di sini] Dalam salah satu rangkaian acara, mereka mengajak adik-adik tersebut untuk menuliskan surat untuk teman-teman di Palestina. Beberapa hasilnya bisa dilihat di bawah ini.








Mengingat bahwa Palestina pernah punya andil dalam mewujudkan kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945, maka selayaknya jika saat ini kita ‘membalas-budi’ dengan mendukung perjuangan rakyat tanah Gaza. Bukan sekadar berdasar atas kepedulian tapi juga persaudaraan.

Judul: Surat Sahabat Dari Palestina, Masihkah Ada Harapan Buat Kami?
Penulis: Palestine Children
Penerjemah: Ali Ghufron & Darsim Ermaya Imam F
Penerbit: Era Intermedia
Cetak: Pertama, Maret 2009
Tebal: xiv + 226 hlm
Bintang: ***

:: ingin buku seken/murah bermutu? mampir ke facebook Parcel Buku yuk! ::

0 comments:

Post a Comment

 

Yuk Baca Buku Islam Template by Ipietoon Cute Blog Design